Jaringan 5G Kini Tersedia di Bandara Soekarno-Hatta

  • Share
PT Angkasa Pura II (AP II) bekerjasama dengan Telkomsel membangun infrastruktur jaringan internet 5G di Bandara Soekarno-Hatta.
Bekerjasama dengan Telkomsel, PT Angkasa Pura II kini menyediakan akses 5G di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto : AP II)

BANDARA | BD — PT Angkasa Pura II (AP II) bekerjasama dengan Telkomsel membangun infrastruktur jaringan internet 5G di Bandara Soekarno-Hatta.

“Jaringan 5G merupakan generasi baru atau generasi kelima dalam teknologi nirkabel. Guna merasakan pengalaman seperti internet super cepat di dunia  serta mendukung digitax experience seperti penggunaan Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) untuk merasakan dunia metaverse,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin, Rabu 16 Maret 2022.

Awaluddin mengatakan jaringan 5G adalah teknologi terkini yang dapat mengubah cara  menjalani hidup. “Penerapan 5G masih terus berkembang di Indonesia, dan kami bersyukur bahwa Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu lokasi yang dapat paling cepat dapat memberikan akses Telkomsel 5G bagi para traveler guna merasakan standar teknologi nirkabel terbaru ini,” kata Awaluddin.

Awaluddin mengatakan akses 5G ini menjadi standar baru layanan bagi penumpang pesawat di Indonesia.

Pada tahap awal, beberapa kolaborasi berbasis teknologi 5G yang akan dikembangkan antara lain layanan 5G Fixed Wireless Access, 5G Experience Corner dan 5G Solution dari unit bisnis Telkomsel Enterprise untuk mendukung operasional PT Angkasa Pura II.

Angkasa Pura II, kata Awaluddin, secara berkelanjutan mengembangkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai Digital Aeroplex pertama di Indonesia.

Digital Aeroplex memiliki pengertian sebagai kawasan bandara yang dibangun dengan ekosistem digital melalui penerapan teknologi modern (advanced technology) guna meningkatkan pelayanan dan operasional. “Penerapan Digital Aeroplex di Bandara Soekarno-Hatta dilakukan lewat kolaborasi dengan berbagai pihak khususnya para pemimpin pasar di sektor teknologi dan komunikasi.”

Menurut Awaluddin, Bandara Soekarno-Hatta bukan hanya sekedar suatu airport untuk naik dan turun dari pesawat, tapi saat ini telah menjadi suatu kawasan mandiri sebagai pusat perekonomian yang dilengkapi berbagai teknologi terkini seperti misalnya masifnya penggunaan kendaraan listrik, moda transportasi berbasis listrik yakni Skytrain, hingga robot pembersih lantai.

“AP II mewujudkan Bandara Soekarno-Hatta sebagai suatu kawasan Digital Aeroplex yang menjadi pionir dalam mengadopsi berbagai kemajuan di bidang teknologi. Hal ini kami kami lakukan dengan menerapkan tiga aspek penting yaitu: Smart Infrastructure, Connected Content dan Digital Society,” ujarnya.

Asosiasi yang menaungi maskapai-maskapai nasional yakni Indonesia National Air Carrier Association (INACA) mengapresiasi kolaborasi antara AP II dan Telkomsel.

Ketua Umum INACA Denon Prawiraatmadja mengatakan AP II bersama Telkomsel telah meningkatkan standar layanan bagi para penumpang pesawat melalui kehadiran jaringan 5G di Bandara Soekarno-Hatta.

“Kami mengapresiasi setiap pihak yang berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para penumpang pesawat. Kita melihat Telkomsel dan AP II berkolaborasi menghadirkan akses 5G bagi para traveler, dan ini adalah suatu hal yang sangat baik. Seperti kita ketahui, belum banyak lokasi di Indonesia yang mendapatkan akses 5G, dan kami sangat mengapresiasi bahwa layanan ini sudah tersedia di Bandara Soekarno-Hatta.”

Denon Prawiraatmadja menuturkan jaringan 5G dapat mempercepat pelayanan bagi traveler.

“Kami berharap jaringan 5G akan semakin luas di Bandara Soekarno-Hatta sehingga dapat mempercepat pelayanan dan mendorong lahirnya inovasi-inovasi lain yang manfaatnya dapat dirasakan para penumpang pesawat,” katanya. (TD/Sin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.