Instruksi Kapolda Banten Jelang Ramadan : Razia Miras dan Knalpot Racing

  • Share
Kapolda Banten Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto mengintruksikan jajarannya serta para Kapolres mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat jelang bulan suci Ramadan 1443 H.
Kapolda Banten Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto (Foto : Polda Banten)

BANTEN | BD — Kapolda Banten Inspektur Jenderal Rudy Heriyanto mengintruksikan jajarannya serta para Kapolres mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat jelang bulan suci Ramadan 1443 H.

Instruksi tersebut disampaikan Kapolda saat rapat analisa dan evaluasi bersama pejabat jajaran utama (PJU) dan para Kapolres pada Selasa 14 Maret 2022. Rapat tersebut membahas berbagai tema terutama antisipasi Polda Banten terhadap gangguan kamtibmas menjelang bulan suci Ramadan.

“Saya menginstruksikan kepada seluruh PJU dan Kapolres jajaran yang pertama untuk razia knalpot racing, pelanggar harus pasang knalpot standar, sita serta musnahkan knalpot racing hasil razia tersebut. Kedua pada bulan suci Ramadan agar aktif melaksanakan operasi minuman keras dan petasan serta sita barang bukti selanjutnya proses sesuai dengan hukum yang berlaku,” ujar Kapolda Rudy dalam keterangan tertulisnya, Rabu 16 Maret 2022.

Rudy juga menegaskan jajarannya tidak ragu menindak tegas berandalan jalanan. “Jika ada berandalan jalanan yang meresahkan masyarakat menjelang Ramadan tindak tegas Jangan sampai mengganggu situasi kamtibmas,” tegasnya.

Selain itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19 Kapolda Banten menginstruksikan jajarannya membubarkan kerumunan warga. “segera bubarkan kerumunan, lakukan penggeledahan dengan sasaran senjata tajam, senjata api dan bahan peledak,” tegasnya.

Kemudian, juga tidak boleh ada sweeping oleh ormas atau LSM ke beragam sasaran. Jika ada yang melakukan sweeping, ia menegaskan lakukan penindakan, dan waspadai peredaran narkoba. “Pada bulan Ramadan pastikan tidak ada sweeping oleh ormas atau LSM. Saya menegaskan kepada seluruh PJU dan Kapolres untuk aktif perang terhadap narkoba, waspadai peredaran dan miskinkan jaringan pengedarnya,” tegasnya.

Kapolda Banten mengatakan beberapa point Instruksi tersebut berdasarkan ekspektasi masyarakat. “Polda Banten berupaya total untuk menjaga kondusifitas kamtibmas saat bulan suci Ramadhan melalui rangkaian kegiatan yang menjadi sasaran prioritas untuk ditertibkan dan dilakukan penegakan hukum hal ini sesuai dengan ekspektasi masyarakat,” ujarnya.

Melalui serangkaian kegiatan itu, Kapolda Banten optimis situasi kamtibmas di bulan suci Ramadan ini akan berjalan aman dan damai. “Kita harus optimis melalui rangkaian kegiatan operasi, razia dan tindakan tegas terukur maka warga Banten dapat menjalani bulan suci Ramadan dengan aman dan damai,” pungkasnya. (Ril/Red/Sin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.