Jalur Wisata Anyer Berlaku One Way, Jalan Alternatif Juga Dialihkan

  • Share
Wisatawan memadati kawasan wisata Anyer dan sekitarnya sejak Selasa, 3 Mei kemarin hingga hari ini, Rabu 4 Mei 2022. Polda Banten memberlakukan satu arah atau lajur (one way) untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Jalan Raya Anyer akibat padatnya kendaraan.
Kepadatan lalu lintas terjadi di jalur menuju kawasan wisata Anyer, Kabupaten Serang, Rabu 4 Mei 2022. Petugas Polantas pun memberlakukan sistem satu arah (one way) secara periodik untuk mengurai kemacetan lalu lintas. (Foto : Ist)

CILEGON | BD Wisatawan memadati kawasan wisata Anyer dan sekitarnya sejak Selasa, 3 Mei kemarin hingga hari ini, Rabu 4 Mei 2022. Polda Banten memberlakukan satu arah atau lajur (one way) untuk mengurai kemacetan lalu lintas di Jalan Raya Anyer akibat padatnya kendaraan.

Pola one way pun diberlakukan secara situasional, tidak permanen.

“Pola one way diberlakukan periodik. Tidak seterusnya,” ujar Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Shinto Silitonga.

Informasi yang dihimpun, pola one way tersebut diberlakukan selama 45 menit. Petugas menutup laju sementara kendaraan yang akan menuju kawasan Anyer. “Hingga kepadatan arus lalin berkurang, kemudian dilakukan buka dua arah,” tambahnya.

Shinto menambahkan, hingga pukul 13.00 WIB, jalan alternatif melalui Pabuaran-Ciomas juga padat. Sehingga arus lalu lintas kendaraan mulai dari Palima, Serang ke arah Pabuaran dialihkan.

Sebelumnya, Dirlantas Polda Banten Komisaris Besar Budi Mulyanto mengatakan, Polda Banten menyiapkan tiga skenario untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di jalan menuju kawasan wisata Anyer dan sekitarnya.

Saat situasi hijau ketika arus lalu lintas normal, maka personel melakukan pengaturan seperti biasa. Sementara saat situasi kuning terjadi ketika ada antrean kendaraan hingga depan PT. Chandra Asri, maka diberlakukan one way traffic.

Kemudian saat situasi merah atau terjadi kepadatan kendaraan hingga ke simpang JLS, maka rekayasa lalu lintas akan dilakukan dengan buka tutup dan one way traffic.

“Situasi di lapangan tentu sangat dinamis, tiap personel harus paham cara bertindak pada check point masing-masing dengan orientasi solusi pada kelancaran arus lalin,” kata Budi, Selasa 3 Mei 2022.

Jalan Alternatif ke Anyer

Untuk menghindari penumpukan kendaraan di jalan utama menuju Anyer, Budi juga mengimbau wisatawan menggunakan jalan alternatif.

Budi mengatakan, untuk menuju kawasan Anyer, setelah keluar dari Gerbang Tol Cilegon Barat, pengunjung wisata dapat melintasi kawasan Krakatau Steel, Pertigaan eks RM Beringin, Ciwandan lalu ke Anyer.

Selain itu, jalur lainnya dari Gerbang Tol Cilegon Timur, pengunjung wisata dapat berkendara ke Jalur Lintas Selatan (JLS) hingga ke pertigaan Cigading lalu belok kiri ke Anyer.

Jalur alternatif lainnya bagi wisatawan yang keluar Gerbang Tol Serang Barat, pengunjung bisa mengambil jalur alternatif dari Kota Serang ke Ciomas dengan melintasi Padarincang hingga ke Simpang Teneng dan belok ke kanan ke Anyer atau ke kiri ke Carita. (TD)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.