Situasi di Pelabuhan Merak Pada H+3 Lebaran, Polda Banten : Relatif Sepi

  • Share
Situasi di Pelabuhan Merak, Kamis 5 Maret 2022. (Foto : Polda Banten)

CILEGON | BD — Memasuki hari ketiga pasca Idulfitri pada 2 Mei 2022 lalu, aktivitas arus balik di Pelabuhan Merak telah mengalami kenaikan

“Sesuai data dari Biroops Polda Banten, pada Rabu (04/05) terdapat 8.914 kendaraan yang masuk ke Pelabuhan Merak pada Selasa (04/05) lalu, terdapat peningkatan 6.130 kendaraan atau 68,7% mencapai 15.044 kendaraa yaitu mobil pribadi sebanyak 9.309 unit dan motor 4.936 unit,” kata Kabid Humas Polda Banten Komisaris Besar Shinto Silitonga, Kamis 5 Mei 2022.

Meski demikian, kondisi di pelabuahn Merak relatif masih sepi. “Dari hasil pemantauan petugas di lapangan untuk kantong parkir baik dari dermaga satu sampai dermaga enam tidak terjadi penumpukan kendaraan. Di mana seluruh kendaraan yang turun dari kapal bisa langsung keluar menuju arah Jakarta baik menggunakan jalur tol Merak maupun jalur arteri,” katanya.

“Untuk arus lalulintas di Jalan Tol maupun jalur menuju tol Merak -Tangerang baik dari jalan raya Cikuasa Atas maupun jalur Merak menuju Simpang Gerem terpantau lancar. Sehingga dapat memudahkan pemudik untuk kembali kearah jakarta melalui jalir Tol,” tambahnya.

Shinto menginformasikan bahwa jalur Tol Merak-Jakarta memiliki 2 rest area yang dapat dimanfaatkan oleh pengendara yaitu Rest Area Km 68 dan Km 45. Tiap rest area mampu menampung sekitar 100-150 unit mobil pribadi dan 100-120 unit truk, dapat dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak jika pengendara dalam kondisi lelah.

“Dengan berorientasi pada keselamatan pengendara, silahkan rest area dapat digunakan untuk berisitrahat sejenak, maksimal 1 jam beristirahat dihimbau pengendara untuk melaju kembali sehingga rest area dapat digunakan bergantian dengan pengendara lainnya,” imbau Shinto.

Dinamika informasi tentang kondisi jalur lalu lintas arus balik dapat diakses di command centre 110 Polda Banten dan platform media sosial yang dikelola Polda Banten yaitu Instagram : humaspoldabanten, Facebook : Polda Banten, Twitter : @_poldabanten, Tiktok : poldabanten, Youtube : Polda Banten. (Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.