80 Orang WNI dari Ukrania Tiba di Tanah Air

  • Share
Sebanyak 80 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Ukrania Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis 3 Maret 2022
Sebanyak 80 WNI yang tinggal di Ukrania mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis 3 Maret 2022 pukul 17.10 WIB. (Foto : Istimewa)

BANDARA | BD — Sebanyak 80 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Ukrania Tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis 3 Maret 2022.

Kedatangan WNI tersebut juga bersama 3 Warga Negara Asing (WNA) Ukrania, keluarga dari WNI.

“Selain 80 orang WNI, dalam rombongan evakuasi terdapat 3 WNA yang merupakan keluarga dari WNI, ” ujar Koordinator Humas Ditjen Imigrasi Arya Pradhana Anggakara, Jumat 4 Maret 2022.

Angga menjelaskan rombongan evacuee tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten pada sore ini, Kamis (03/03/2022) menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 7730 pada pukul 17.10 WIB.

Proses pendaratan, kata Angga, berlangsung lancar dan telah sesuai dengan protokol kedatangan pelaku perjalanan dari luar negeri yang diatur dalam SE Satgas Penanganan Covid-19 nomor 7 Tahun 2022.

Bersama Kementerian dan Lembaga terkait, Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM turut dilibatkan dalam proses kedatangan para evacuee.

Begitu tiba, para evacuee langsung
diarahkan menuju area Holding Bay untuk menjalani pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu oleh petugas KKP Kemenkes.

Setelah itu, barulah dilanjutkan dengan pemeriksaan keimigrasian di Tempat Pemeriksaan Imigrasi Terminal 2 Internasional Bandara Soekarno-Hatta.
“Seluruh proses pemeriksaan keimigrasian oleh petugas imigrasi dilakukan sesuai dengan
protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Satgas Penanganan Covid-19”, jelas Angga.

Para WNI diberangkatkan dari Bucharest menuju Jakarta pada pukul 20.23 waktu setempat. Mereka menempuh rute perjalanan Bucharest – Madinah – Jakarta selama kurang lebih 17 jam.

Pada saat kedatangan, tampak Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi yang didampingi unsur-unsur terkait hadir secara langsung untuk menyambut kedatangan WNI yang berhasil dievakuasi dari Ukraina yang tengah berkonflik dengan Rusia. (TD/Sin)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.