Dosen Telkom University Gelar Pelatihan Digital Marketing Untuk SMK Telkom 1 Medan

  • Share

EDUKASI | BD Dosen Telkom University melakukan pengabdian masyarakat dengan menggelar pelatihan digital marketing secara online melalui platform Zoom Meeting.

Pelatihan bertajuk “Pendampingan Digital Marketing PPDB Telkom School 2022” dalam rangka mempersiapkan para tenaga SDM SMK Telkom 1 Medan menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Pelatihan yang dihelat Jumat, 1 April 2022 tersebut dimulai dengan pemaparan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Komunikasi dan Bisnis Rah Utami Nugrahani dengan pembekalan seputar dasar-dasar digital marketing.

“Hal paling dasar dalam memulai pemasaran digital, harus lebih dulu memahami anatomi media digital, ini penting agar pemasaran yang dilakukan sesuai dengan medium, dari konten hingga targetnya” papar Hani.

Hani melanjutkan jika media sosial hari ini banyak memberikan peluang pemasaran yang efektif, terutama dalam membangun kesadaran target pasar.

Sementara pembicara lainnya Heppy Millanyani menekankan pentingnya memahami target pasar yang menjadi tujuan promosi. Ia memberikan memberikan masukan mengenai penentuan target pasar dan bagaimana memanfaatkan sosial media sebagai sarana pemasaran.

“Riset harus dilakukan, mulai dari tren media sosial, kegemaran target pasar, hingga kebiasaan yang ada dalam data digital, semua penting untuk memetakan sasaran promosi, agar materi promosi mudah dipahami” terangnya.

Pelatihan ditutup dengan pemaparan dari Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Refi Rifaldi Windya Giri, ia berfokus pada konteks praktis atau penerapan teori yang telah disampaikan sebelumnya.

“Analisis terhadap data sebenarnya yang terdapat di lapangan mulai dari perbandingan kompetitor, pemetaan wilayah sekolah, dan program keahlian beberapa SMK lain,” tutup Refi.

Dari semua pemaparan narasumber peserta pelatihan terlihat sangat menikmati dan antusias dalam mengikuti rangkaian pelatihan. Terdapat beberapa peserta yang memberikan pertanyaan terkait teori yang disampaikan dan berdiskusi terkait kondisi yang sebenarnya di lapangan.

Harapannya dengan adanya rangkaian pelatihan ini dapat memberikan kesiapan lebih bagi para SDM SMK Telkom 1 Medan dalam menyambut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan memotivasi para SDM untuk terus mengembangkan diri demi tercapainya harapan yang dimiliki SMK Telkom 1 Medan. (Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.