Dosen Universitas Telkom Berbagi Strategi Pengemasan dan Copywriting kepada SMK Telkom 1 Medan

  • Share
Dosen Universitas Telkom melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi dengan melakukan pendampingan Digital Marketing PPDB Telkom School 2022.
Dosen Universitas Telkom melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi dengan melakukan pendampingan Digital Marketing PPDB Telkom School 2022. (Foto : Universitas Telkom)

EDUKASI | BD Dosen Universitas Telkom melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu bentuk Tridharma Perguruan Tinggi dengan melakukan pendampingan Digital Marketing PPDB Telkom School 2022.

Kegiatan yang berlangsung secara daring (online) pada tanggal 27 Mei 2022 dengan audiens guru serta staf SMK Telkom 1 Medan.

Freddy Yusanto, Sylvie Nurfebiaraning dan Anggian Lasmarito Pasaribu menjadi pemateri pada kegiatan ini. Ketiga pemateri ini merupakan dosen Ilmu Komunikasi. Dimana topik pada pekan ini membahas tentang “Menerapkan copywriting yang menarik”.

Anggian menjadi pembicara pertama dengan membawakan judul materi Menerapkan Strategi Copywriting yang Menarik. Menurutnya copywriting merupakan seni penulisan pesan penjualan paling persuasif.

“Tantangan terbesar kita dalam melakukan copywriting adalah bagaimana pesan tersebut dapat mengajak pembaca untuk melakukan tindakan tertentu,” ujar Anggian dikutip Rabu, 1 Juni 2022.

Strategi copywriting yang menarik memiliki tujuan yaitu informing, persuading dan riminding. Hal tersebut dipaparkan oleh pembicara selanjutnya yaitu oleh Sylvie. Dia menyampaikan strategi-strategi pengemasan bahasa dan tulisan yang dapat SMK Telkom 1 Medan aplikasikan.

“Tiga jenis strategi penyampaian yang bisa diterapkan yaitu dengan pendekatan rasional, emosional dan combination,” ucapnya.

Visualisasi Dalam Sebuah Pesan Visual menjadi materi penutup pada kegiatan ini yang disampaikan oleh Fredy Susanto. Menurutnya aspek visual adalah aspek pertama yang berhubungan dengan manusia ketika harus berinteraksi dengan sebuah produk dalam jangka pendek maupun panjang.

“first impression adalah hal penting, time krusial adalah 50 detik pertama. Jika menarik maka akan diteruskan untuk menonton kontennya sedangkan jika tidak menarik akan ditinggalkan. Oleh karena itu banyak konten yang menerapkan click bite,” ucap Freddy

Dengan terlaksananya kegiatan ini memberikan banyak wawasan baru dalam mengemas suatu pesan, yaitu berupa penerapan copywriting hingga memvisualisasikannya yang dapat memberikan feedback tinggi.

“Semoga terlaksananya kegiatan ini mampu memberikan dampak baik bagi civitas akademika SMK Telkom 1 Medan maupun Tim Dosen Pendampingan PPDB Telkom School 2022,” pungkasnya. (Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.