Optimalkan Perangkat Digital untuk Sekolah, Dosen Universitas Telkom Bedah SEO Hingga WhatsApp Bussines

  • Share

EDUKASI | BD Universitas Telkom kembali melakukan program pengabdian masyarakat di SMK Telkom 1 Medan dengan tema Pemanfaatan Berbagai Media Digital.

Pada sesi pertama pada kegiatan yang dihelat Senin, 18 April 2022 itu, dosen Universitas Telkom memamparkan materi SEO (Search Engine Optimization).

“SEO menjadi penting guna mengoptimalkan website agar muncul di bagian teratas halaman pertama pada pencarian Google,” ungkap Diah.

Dalam sesi tersebut, Diah tidak hanya menjelaskan hal-hal terkait SEO, tetapi juga langsung mengevaluasi website SMK Telkom 1 Medan, mulai dari segi tampilan dan isi.

Menurutnya, website SMK Telkom 1 Medan sudah menarik dan memuat berbagai informasi. Namun ada beberapa hal yang masih bisa ditingkatkan, misalnya untuk lambang WhatsApp yang sudah tersedia di website tersebut ditambahkan kalimat penjelas “Hubungi Kami”. Hal ini agar pengunjung website mengetahui logo WhatsApp tersebut dapat di klik dan langsung mengarahkan pengunjung dapat berkomunikasi dengan pihak SMK Telkom 1 Medan melalui WhatsApp.

Materi selanjutnya yakni terkait Optimalisasi WhatsApp Business untuk kegiatan marketing yang disampaikan oleh Rio Korio Utoro yang juga dosen Universitas Telkom.

Dalam pemaparannya, Rio menjelaskan perbedaan antara WhatsApp Business dengan WhatsApp Messenger.

“WhatsApp Business memiliki fitur chat, voice call, video call, kirim gambar, video, dan dokumen lain seperti WhatsApp Messenger biasa. Namun, pada WA Business ini kita juga dapat menampilkan profil, katalog, pesan selamat datang, pesan saat tidak ada di tempat, fitur jawab cepat, dan penanda kontak,” ungkapnya.

“Dengan demikian, WA Business ini dapat kita manfaatkan sebagai showcase untuk menampilkan keunggulan sekolah melalui media WA,” imbuh Rio.

Rio menambahkan, fitur-fitur yang disediakan oleh WhatsApp Business tersebut dapat digunakan oleh SMK Telkom 1 Medan guna berinteraksi secara realtime dengan calon peserta didik maupun orang tua mereka.

Agar peserta lebih memahami fitur-fitur yang dimiliki oleh WA Business, maka dilakukan pula simulasi penggunaan fitur-fitur tersebut yang dipandu langsung oleh pembicara. (Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.