Rekomendasi 5 Mobil Listrik Ramah Lingkungan di Indonesia

  • Share
Mobil bertenaga listrik dinilai sangat efisien karena lebih ramah lingkungan daripada penggunaan mobil berbahan bakar minyak (BBM).
Ilustrasi mobil listrik (Foto: Kindel Media/Pexels.com)

OTOMOTIF | BD Bidang otomotif kini ramai diperbincangkan lantaran semakin banyaknya produk otomotif yang dirintis dengan menggunakan tenaga listrik. Mobil bertenaga listrik dinilai sangat efisien karena lebih ramah lingkungan daripada penggunaan mobil berbahan bakar minyak (BBM).

Meski harga yang dipatok masih terbilang cukup mahal, namun banyak masyarakat yang mulai beralih menggunakan mobil listrik karena ingin merasakan fitur unggulan yang ditawarkan oleh mobil listrik tersebut.

Berikut beberapa pilihan mobil listrik di Indonesia yang sangat rekomen untuk digunakan.

1. BMW i3s

Mobil listrik keluaran BMW yang satu ini memiliki bodi mobil yang sangat mungil. Mungilnya bodi mobil BMW i3s ini sangat menguntungkan bila digunakan di tengah padatnya kota Jakarta yang penuh dengan kemacetan. BMW i3s ini juga dapat dikatakan sebagai pelopor mobil listrik murni yang dijual secara resmi di pasar otomotif Indonesia.

Mobil listrik ini juga dilengkapi dengan daya baterai sebesar 42,2 kWh yang mampu menghasilkan tenaga hingga 184 dk dan torsi maksimal 270 Nm.
Di Indonesia sendiri, harga mobil listrik ini dibandrol dengan tarif yang cukup murah, yakni dengan rentang harga mulai dari Rp 1,34 miliar.

2. Tesla Model S P1000D

Tesla memang menjadi salah satu developer mobil listrik yang paling populer di Indonesia. Tesla seri ini dibekali dengan baterai Lithium-Ion dengan daya 100 kWh dan mampu mencapai top speed hingga 233 kmph dengan tenaga 412 HP dan torsi puncak di 1.073 Nm.

Tesla seri ini memiliki tampilan bodi mobil yang menyerupai mobil sedan mewah dengan desain yang sangat futuristik. Untuk harganya, Tesla Model S P1000D dijual dengan harga pasaran mulai dari Rp 4,4 miliar.

3. Porsche Taycan

Porsche juga tak ingin kalah dengan para kompetitornya yang mengeluarkan produk mobil listrik unggulan mereka. Porsche juga mengeluarkan mobil listrik model Taycan yang mampu meraih angka akselerasi paling fantastis, yakni hanya 2,4 detik untuk mencapai jarak tempuh 100 km/jam.

Selain itu, Porsche Taycan ini juga dibekali dengan transmisi percepatan dengan sistem kelistrikan sebesar 800 v. Untuk pengisian daya baterainya, Porsche Taycan hanya membutuhkan waktu selama 22 menit saja untuk mencapai persentase baterai sebesar 80%.

Porsche Taycan ini dijual dengan harga mulai dari Rp 2,85 miliar dan memiliki berbagai seri, yaitu ada Taycan 4S, Turbo, dan Turbo S.

4. Lexus UX300e

Lexus UX300e pertama kali diluncurkan oleh PT Toyota Astra Motor pada tahun 2020 silam. Mobil listrik milik Lexus ini dilengkapi dengan kapasitas mesin yang sangat prima, karena memiliki baterai sebesar 54,3 kWh, sehingga mampu menghasilkan tenaga 2011 HP dan torsi yang mencapai 300 Nm.

Untuk waktu pengisian dayanya, Lexus UX300e membutuhkan waktu kurang lebih 24 jam agar dapat terisi penuh. Selain itu, mobil listrik ini memiliki daya yang dapat menjelajah perjalanan sepanjang 300 km. Untuk tarif mobil listrik yang satu ini, Anda dapat merogoh kocek mulai dari Rp 1,24 miliar saja.

5. Hyundai Kana Electric

Datang dari Hyundai, mobil listrik yang satu ini juga sangat direkomendasikan sebab memiliki tampilan bodi yang sangat futuristik karena adanya grille. Hyundai Kana Electric menggunakan baterai Lithium-Ion Polymer sebesar 39,2 kWh dengan output mesin berperforma 146 HP, dan torsi maksimal mencapai 395 NM.

Tak hanya itu, mobil ini memiliki fitur fast charging yang mampu mengisi daya baterai dengan waktu 75 menit saja untuk mencapai daya 80%. Hyundai Kana Electric mampu menjadi pesaing berat bagi kompetitornya karena memiliki keunggulan yang tidak perlu diragukan serta harga yang terjangkau yakni mulai dari Rp 697 juta saja.

Itu tadi 5 rekomendasi mobil listrik ramah lingkungan yang dapat ditemui di Indonesia. Jadi, mana mobil listrik incaran Anda? (Ryandita Fadillah/Rom)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.