Rekomendasi DPRD Kabupaten Tangerang untuk LKPJ Bupati Tahun 2021

  • Share

KABUPATEN TANGERANG | BD — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tangerang mengeluarkan rekomendasi terhadap Laporan Keterangan Pertangung Jawaban (LKPJ) Bupati Tahun 2021 untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan daerah ke depan.

Hal itu disampaikan melalui rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Kholid Ismail yang digelar di Gedung DPRD, Tigakraksa, Senin 11 April 2022. Rekomendasi dibacakan Wakil Ketua DPRD H. Astayudin, SE.

Menurut Astayudin, berdasarkan hasil pembahasan yang dilakukan pihaknya beberapa hari belakangan ini, DPRD menyimpulkan bahwa LKPJ Bupati Tahun 2021 sudah berjalan on the track.
DPRD juga memberikan apresiasi kepada Bupati di mana Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalami kenaikan hingga 107,19% di tengah masa pandemi.

Kendati demikian DPRD menilai dari sisi pembiayaan dalam LKPJ Bupati Tahun 2021, penyerapan belanja daerah belum optimal disebabkan karena adanya efisiensi belanja langsung dan belanja tidak langsung serta pelampauan target PAD yang berimbas pada Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa) yang besar.

“Atas hal ini, ke depannya kami berharap perencanaan pembiayaan agar dilakukan secara lebih matang,” tegas Astayudin.

Melalui rapat paripurna kali ini, DPRD juga menyampaikan sejumlah rekomendasi antara lain : organisasi perangkat daerah (OPD) dalam hal menyajikan laporan akhir kegiatan tahun anggaran hendaknya disertai target, permasalahan dan solusi. Seluruh OPD agar lebih memprioritaskan program-program unggulan yang lebih terlihat dampaknya dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Kemudian program prioritas pembangunan tahun 2021 implementasi yang terjadi di lapangan yaitu tingkat keberhasilan dan kepuasan masyarakat masih jauh dari harapan. Selain itu OPD diminta agar lebih fokus kegiatannya terhadap program yang telah digagas.

Terkait laporan akhir kegiatan tahun anggaran, semua kecamatan agar membuat dan menyampaikan laporannya kepada anggota DPRD pada saat pembahasan. Ke depannya LKPJ selain memyajikan laporan dalam bentuk anggaran, juga menyajikan capaian dan kendala yang dihadapi lebih rinci atas apa yang telah berjalan.

Di lain pihak legislatif memberikan apresiasi terhadap OPD yang telah mencapai target. Oleh karenanya perlu diberikan kiat-kiat agar diikuti oleh OPD lainnya. Pihaknya, lanjut Astayudin, mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tangerang karena tak sedikit pencapaian yang telah diraih tetapi ada juga yang harus diselesaikan, dibenahi dan dievaluasi menyangkut persoalan yang terjadi untuk perbaikan ke depannya.

“Demikian sejumlah rekomendasi ini kami sampaikan, semoga bukan hanya sebatas seremonia, tapi harus menjadi perhatian yang serius bagi jajaran OPD Pemkab Tangerang,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Ahmed Zaki Iskandar menyampaikan apresiasi kepada anggota DPRD yang telah membahas dan memberikan rekomendasi terhadap LKPJ Tahun 202. Zaki berjanji akan memerintahkan para kepala OPD unutuk menjalankan rekoemendasi ini. (TD/Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.