SMK Telkom 2 Medan Dapat Materi Strategi Copywriting yang Menarik dari Dosen Universitas Telkom

  • Share

EDUKASI | BD Dosen Universitas Telkom melanjutkan rangkaian kegiatan pendampingan PPDB SMK Telkom 2 Medan yang dibalut dengan konteks Digital Marketing. Kegiatan ini berlangsung secara online dengan audiensnya guru serta staf SMK Telkom 2 Medan.

Kegiatan ini diharapkan mampu mengajak civitas akademika khususnya tim PPDB SMK Telkom 2 Medan agar dapat mengembangkan kembali program dan strategi khususnya terkait penggunaan strategi copywriting yang menarik.

Acara ini dihelat Selasa, 12 April 2022 dengan tiga pembicaranya yaitu Anggian Lasmarito Pasaribu, Sylvie Nurfebiaraning dan Freddy Yusanto.

Materi pertama yang membahas tentang “Konsep Strategi Copywriting yang Menarik Sesuai Target Market dan Media Sosial”dipaparkan oleh Anggian Lasmarito Pasaribu.

Menentukan target market merupakan hal yang sangat penting untuk melakukan pemilihan media sosial pada saat melakukan promosi. Karena setiap target audiens memilki karakteristik masing masing.

“Ingat siapapun yang ada di media digital dapat menjadi penerima dan pemberi informasi. Oleh karena itu, ciptakan komunikasi yang mengundang feedback, jangan fokus pada produk tetapi menciptakan ikatan emosional antara pelanggan dengan produk,” terang Anggian.

Sylvi melanjutkan materi yang membahas tentang “Proses Pembuatan dan Pemilihan Jenis Copywriting yang Efektif”. Terdapat beberapa elemen yang perlu diperhatikan dalam penulisan pesan seperti struktur, bahasa, adaptif dan lain sebagainya.

“Penyampaian informasi yang berada di caption merupakan informasi penjelasan dari visual foto maupun video dikonten bersangkutan. Sehingga diperlukannya gaya bahasa yang mampu menarik audiens seperti menggunakan frase magis (pantun),” terang Sylvi

Visual adalah aspek pertama yang berhubungan dengan manusia (first impresi). Hal ini merupakan persyaratan penting untuk menyampaikan suatu pesan lebih terstruktur terutama di zaman serba digital. Paparan terakhir ini disampaikan oleh Freddy yang membahas tentang “Visualisasi Copywriting yang Menarik”. Di mana dalam membungkus pesan visual yang menarik harus mampu terus adaptif dengan tren yang ada.

“Penting untuk memperhatikan trend visual agar disain yang kita hasilkan tetap up to date,” ujar Freddy. (Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.