8 Kuliner Khas Tangerang yang Tak Boleh Dilewatkan. Dijamin Lezat!

  • Share
Tangerang yang dijuluki sebagai Kota Industri, ternyata menyimpan berbagai kuliner lezat yang patut untuk dicoba. Mulai dari hidangan pembuka
Kawasaan Kuliner Laksa Kota Tangerang di Jalan Mochammad Yamin, Babakan, Kota Tangerang. (Foto : Ryandita Fadillah untuk BantenDaily)

KULINER | BD — Tangerang yang dijuluki sebagai Kota Industri, ternyata menyimpan berbagai kuliner lezat yang patut untuk dicoba. Mulai dari hidangan pembuka, kudapan manis, hingga makanan utamanya memiliki rasa yang lezat dan khas sehingga sayang untuk dilewatkan.

Bila Anda sedang mampir ke Tangerang, jangan lupa untuk cicipi beberapa kuliner khas Tangerang seperti di bawah ini.

1. Laksa

Laksa merupakan makanan khas Tangerang yang terbuat dari olahan tepung beras yang dibentuk menyerupai mie. Kuliner Laksa sangat terkenal di Tangerang, bahkan ada tempat khusus bagi para penjual Laksa yang berlokasi di Jalan Mochammad Yamin, Babakan, Kota Tangerang.

Satu porsi Laksa, terdiri dari mie yang diberi tambahan telur, daging ayam, taburan daun kucai, serta disiram dengan kuah bumbu kuning.

2. Nasi Jagal

Olahan yang terbuat dari daging sapi ini sangat digemari oleh para penduduk Tangerang. Walaupun namanya terkesan seram, namun Nasi Jagal memiliki rasa yang lezat dan nikmat.

Satu porsi Nasi Jagal terdiri dari nasi putih dengan potongan daging sapi yang dimasak dengan bumbu krengseng dan ditaburi bawang goreng. Hargaa satu porsi Nasi Jagal terbilang sangat terjangkau, yakni Rp 9.000 sampai Rp 12.000 saja. Selain menu nasi putih, tersedia juga nasi goreng jagal yang dipatok harga mulai dari Rp 13.000 sampai Rp 15.000.

Untuk mencicipi Nasi Jagal, Anda bisa langsung datang ke daerah Bayur, Periuk, Kota Tangerang karena di sana merupakan pusat penjualan Nasi Jagal.

3. Nasi Sumsum

Kuliner yang satu ini sangat cocok bagi para pecinta sumsum tulang. Sumsum tulang tersebut berasal dari sumsum kerbau maupun sapi. Demi menciptakan cita rasa yang lezat, sumsum tulang ini harus dimasak dengan proses yang cukup lama, yakni nasi harus dimasak sampai matang lalu dicampur dengan rempah-rempah. Selanjutnya, beri tambahan sumsum daging yang telah dibungkus dengan daun pisang.

Agar aromanya semakin wangi, nasi tersebut kemudian dibakar dengan menggunakan arang.

4. Garang Asem

Makanan berkuah yang satu ini cocok bila dinikmati saat cuaca panas lantaran memiliki cita rasa yang pedas, asam, dan menyegarkan. Rasa Garang Asem yang lezat tersebut tercipta dari perpaduan gurihnya santan dan belimbing sayur.

Garang Asem dibuat dengan menggunakan daging bebek dan daging ayam yang dimasak dengan menggunakan daun pisang, lalu daging disiram dengan santan cair yang telah dicampur dengan beberapa bumbu. Selanjutnya, Garang Asem dikukus hingga matang dan siap disajikan.

5. Gecom

Gecom merupakan makanan yang terbuat dari perpaduan tauge dengan oncom dan diberi campuran bumbu rempah-rempah. Dalam penyajiannya, Gecom menggunakan kecap asli Tangerang yang tidak ditemukan di daerah lain.

Satu porsi Gecom terdiri dari mie, tauge, serta bumbu oncom yang diolah dengan menggunakan wajan datar dan serok untuk meracik mie dan tauge.

6. Sayur Besan

Makanan yang satu ini cukup mudah ditemukan lantaran banyak dijual di warung-warung makanan yang ada di Tangerang. Sayur Besan terbuat dari beberapa campuran bahan seperti bunga tepu, santan, dan rempah-rempah yang dilengkapi dengan tambahan kentang, kembang kol, dan soun. Sajian berkuah ini dapat dijadikan makanan utama maupun makanan pendamping dengan rasa yang khas dan lezat.

7. Ketan Bintul

Kuliner yang satu ini merupakan jajanan tradisional tangerang yang terbuat dari ketan. Ketan Bintul biasanya disajikan dengan menggunakan daun pisang dan diberi taburan kelapa parut.

Untuk menemukan jajanan Ketan Bintul ini, Anda dapat mencarinya di pasar tradisional atau pedagang-pedagang di pinggir jalan.

8. Emping Ceplis

Emping Ceplis termasuk ke dalam kuliner khas Tangerang yang memiliki rasa manis dan gurih. Kuliner ini terbuat dari bahan dasar melinjo sehingga menciptakan cita rasa yang khas dan tekstur yang renyah. Biasanya, Emping Ceplis dikonsumsi sebagai camilan maupun pelengkap makanan. Untuk memperoleh Emping Ceplis, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh yang ada di Tangerang.

Itu tadi delapan rekomendasi kuliner khas Tangerang yang patut untuk dicicipi. So, kalau ke Tangerang, jangan lupa cobain kulinernya, ya? (Ryandita Fadillah/Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.