5 Jurusan Kuliah yang Anti Mainstream, Mana Pilihan Kamu?

  • Share
Sebelum melanjutkan studi ke perguruan tinggi, seorang pelajar harus mampu untuk menentukan jurusannya dengan berbagai pertimbangan yang matang
Aktivitas mahasiswa di kampus luar negeri (Foto : Stanley Morales/Pexels.com)

EDUKASI | BD — Sebelum melanjutkan studi ke perguruan tinggi, seorang pelajar harus mampu untuk menentukan jurusannya dengan berbagai pertimbangan yang matang.

Tak sedikit mahasiswa yang merasa bahwa ia salah memilih jurusan dan berpikir untuk menyerah di pertengahan semester. Maka, penting untuk mempertimbangkan dengan matang mengenai jurusan kuliah yang akan ditempuh.

Namun ternyata, beberapa perguruan tinggi di dunia menyediakan jurusan kuliah yang unik dan anti-mainstream lantaran jurusan tersebut hanya ada di universitas itu saja, tidak ada di universitas lain. Untuk itu, berikut kami rangkum beberapa jurusan kuliah paling unik di dunia.

1. Ilmu Sains Pemakaman (Mortuary Science)

Walaupun terdengar seram karena berkaitan dengan pemakaman, namun jurusan ini memiliki jenjang karir yang terjamin, sebab lulusannya dapat bekerja di bidang forensik, rumah sakit, serta rumah duka. Jurusan yang tersedia di Universitas Distrik Columbia ini akan mempelajari mengenai fase-fase pemakaman dan mempelajari bagaimana cara yang tepat untuk mensejahterakan orang-orang yang sudah meninggal.

2. Program Panjat Pohon

Saat mendengarnya pertama kali, pasti yang muncul pada benak Anda ialah untuk apa mempelajari cara memanjat pohon hingga jenjang perkuliahan? Namun jangan salah, program studi yang berada di Universitas Cornell, New York, AS ini akan mempelajari mengenai teknik memanjat alternatif, teknik tali-temali, dan cara untuk berpindah dari satu pohon ke pohon lainnya.

Selain itu, jurusan ini juga akan mengajari tentang cara menilai dan mengetahui pohon yang aman dan berbahaya untuk dipanjat, serta cara untuk tidur di atas pohon dengan menggunakan tempat tidur gantung. Jurusan kuliah ini sepertinya akan sangat cocok bagi para orang yang senang mendaki gunung karena dapat membantu untuk bertahan diri. Bagaimana, unik bukan?

3. The Beatles

Jurusan yang satu ini diadaptasi dari nama sebuah band yang terkenal di dunia, yakni The Beatles. University of Liverpool sengaja menghadirkan program pascasarjana dengan nama jurusan The Beatles, lantaran The Beatles sendiri mempunyai pengaruh yang besar bagi industri musik di dunia.

Program pascasarjana ini akan mempelajari mengenai seluk beluk band The Beatles hingga mempelajari mengenai pembangunan identitas, etnis, serta industri musik dari band The Beatles. Tertarik untuk berkuliah di jurusan The Beatles?

4. Kesenian Komik

Jurusan ini akan menjadi jurusan favorit bagi para penggemar komik. Pada jurusan ini, mahasiswa akan mempelajari bagaimana cara menyusun komik, mulai dari pengembangan alur cerita, pengembangan karakter dan penokohan, dan sebagainya.

Jurusan yang berada di The Minneapolis College of Art and Design ini sangat direkomendasikan bagi para penggemar komik yang tertarik dengan seni pembuatan komik.

5. Kesenian Pewayangan

Walaupun wayang identik dengan kesenian khas Indonesia, namun ternyata wayang sendiri diadaptasi menjadi salah satu jurusan yang dimiliki oleh Universitas Connecticut di Amerika Serikat.

Pada jurusan ini, mahasiswanya akan diajari mengenai proses pembuatan wayang atau boneka, pembuatan mascot, alur cerita perwayangan, hingga studi drama dan teater yang mengangkat topik utama seputar perwayangan. Bila Anda tertarik dengan kesenian wayang, maka jurusan ini akan sangat cocok bagi Anda.

Itu tadi lima jurusan kuliah unik dan anti-mainstream yang berada di beberapa perguruan tinggi di dunia. Tertarik untuk menjadi salah satu mahasiswanya? (Ryandita Fadillah/Rom)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.