5 Kelebihan Canva yang Banyak Diminati oleh Para Desainer Awam

  • Share
Membuat tampilan desain grafis yang menarik membutuhkan aplikasi pendukung seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, atau CorelDraw
Ilustrasi desainer grafis (Foto : Canva Studio/Pexels.com)

APLIKASI| BD — Membuat tampilan desain grafis yang menarik, tentunya membutuhkan aplikasi pendukung seperti Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, atau CorelDraw. Namun bagi pemula, menggunakan ketiga aplikasi tersebut akan cukup sulit sebab harus belajar dan mengenal berbagai macam tools-nya terlebih dahulu.

Kini, tak perlu pusing lagi untuk membuat sebuah karya desain grafis, sebab saat ini telah ada aplikasi pembuat desain grafis bernama Canva. Salah satu aplikasi desain grafis buatan wanita asal Australia, Melanie Perkins ini dinilai mampu membantu para pemula atau orang awam dibidang desain grafis untuk memudahkan mereka dalam membuat sebuah karya desain grafis.

Nah, penasaran apa saja kelebihan Canva sehingga diklaim sangat friendly bagi para pemula? Berikut beberapa kelebihan Canva.

1. Tampilan UI yang Ramah

Ditujukan untuk membantu para desainer awam, Canva hadir dengan menyuguhkan tampilan user interface yang sangat mudah dipahami. Sebelum membuat sebuah desain, Canva akan menanyakan tentang apa yang akan Anda desain. Setelah itu, Canva akan mengarahkan Anda ke menu yang menyediakan berbagai tampilan desain yang serupa. Sehingga, Anda tidak perlu merasa bingung karena Anda akan diarahkan dengan jelas oleh Canva.

2. Dilengkapi dengan Banyak Template

Kelebihan Canva yang disenangi oleh para pemula ialah adanya template desain yang lengkap. Sebagai seorang desainer pemula, tentu awalnya akan merasa bingung dalam menentukan ide desain.

Nah, untuk menjawab kebingungan tersebut, Canva hadir dengan menyuguhkan ratusan template desain yang dilengkapi juga dengan pilihan font dan elemen yang siap digunakan.

3. Tidak Harus Instal Aplikasi

Canva juga dapat digunakan secara online melalui laman website Canva. Dengan begitu, Anda tidak akan direpotkan untuk menginstal aplikasinya dan tidak perlu khawatir dengan memori yang terpakai. Akses secara online ini juga memudahkan para penggunanya untuk dapat mengakses Canva di mana saja.

4. Tersedia Versi Ponsel

Biasanya, software desain grafis hanya dapat digunakan melalui laptop atau PC saja. Namun berbeda dengan Canva, Canva menyediakan software versi ponsel yang dapat diakses pada smartphone Android maupun iOS. Dengan adanya versi ponsel ini, tentu membuat Canva menjadi sangat fleksibel digunakan dan memudahkan penggunanya saat akan melakukan desain, tanpa harus membawa laptop kemana-mana.

5. Dapat Diakses Secara Gratis

Canva juga dapat diakses secara gratis dengan hanya bermodalkan koneksi internet saja. Walaupun tersedia versi berbayarnya, yaitu Canva Pro, namun Canva versi gratis juga terbilang sudah sangat mumpuni untuk membantu membuat sebuah karya desain grafis menarik. Namun bila ingin mencoba berbagai template yang lebih lengkap, Anda dapat mencoba untuk berlangganan Canva Pro.

Itu tadi beberapa kelebihan Canva yang dinilai sangat menarik dan  friendly digunakan bagi para desainer grafis pemula. Apakah Anda tertarik untuk mencoba Canva? Atau sudah menjadi salah satu penggunanya? (Ryandita Fadillah/Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.