5 Penyebab Gagal Diet yang Sering Disepelekan

  • Share
Cara demi mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal. Mengurangi makan, olahraga, hingga cara instan seperti meminum minuman khusus pelangsing
Ilustrasi diet (Foto : zuzyusa/Pixabay.com)

TIPS  | BD — Banyak orang yang melakukan berbagai cara demi mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal. Mulai dari mengurangi makan, olahraga, hingga cara instan seperti meminum minuman khusus pelangsing sudah tak asing dilakukan agar berat badan tetap stabil.

Namun ternyata, banyak orang yang merasa bahwa upaya dietnya selama ini tidak membuahkan hasil dan angka di timbangan tidak kunjung menurun. Beberapa orang juga tidak menyadari bahwa langkah diet yang mereka lakukan ternyata salah dan justru dapat memicu penyakit lain. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan diet dengan cara yang benar agar diet Anda membuahkan hasil dan tidak sia-sia. Berikut alasan penyebab gagal diet yang dapat Anda hindari.

1. Melewatkan Sarapan

Tidak sedikit orang yang melewatkan sarapan dengan alasan sedang diet. Namun ternyata, melewatkan sarapan bukan cara yang tepat dilakukan bila sedang diet.

Menurut sebuah studi, seseorang yang melewatkan sarapan biasanya akan cenderung memiliki keinginan untuk mengonsumsi makanan dengan kadar lemak yang tinggi pada siang hingga sore hari, sehingga hal tersebut tentu dapat menggagalkan usaha diet Anda.

2. Sedikit Minum Air Mineral

Tidak sedikit orang-orang yang lebih gemar meminum minuman perasa seperti kopi, teh, ataupun minuman manis lainnya dibandingkan dengan meminum air mineral. Padahal faktanya, meminum air mineral diketahui dapat membakar kalori. Selain itu, kurang minum air mineral juga dapat menghambat proses metabolisme tubuh, sehingga proses penurunan berat badan dapat menjadi lambat.

3. Tidak Mengonsumsi Karbohidrat

Orang-orang yang sedang dalam proses diet, biasanya cenderung memilih untuk tidak mengonsumsi karbohidrat sama sekali, lantaran karbohidrat dianggap dapat membuat berat badan menjadi naik dan mempersulit proses diet. Namun nyatanya, karbohidrat tetap wajib dikonsumsi walaupun sedang diet.

Bila Anda sedang diet, Anda sebaiknya tetap mengonsumsi karbohidrat namun dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan. Selain itu, jangan lupa untuk mengimbangi karbohidrat dengan protein dan lemak agar nutrisi dalam tubuh tetap terjaga.

4. Hobi Mengonsumsi Minuman Berkadar Gula Tinggi

Penyebab gagal diet lainnya ialah gemar meminum minuman dengan kadar gula yang tinggi, misalnya soda. Minuman dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan munculnya rasa lapar yang lebih cepat, sehingga membuat Anda terus-menerus merasa lapar dan selalu mencari makanan.

Mengonsumsi minuman berkadar gula tinggi juga dapat memancing timbulnya penyakit diabetes. Jadi sebaiknya, kurangi atau lebih baik hindari mengonsumsi minuman dengan kadar gula yang tinggi, ya.

5. Waktu Tidur Kurang dari 8 Jam Perhari

Sering disepelekan, ternyata kurang tidur juga dapat menjadi penyebab gagal diet. Orang yang memiliki jam tidur kurang dari 8 jam perhari, dapat memicu timbulnya nafsu makan berlebih. Hal ini disebabkan karena saat kurang tidur, tubuh akan memproduksi ghrelin, yakni sebuah hormone yang menstimulasi nafsu makan secara berlebihan. Sehingga Anda akan terus merasa lapar dan ingin memakan sesuatu meskipun Anda belum lama mengonsumsi makanan.

Itu tadi beberapa alasan yang menjadi penyebab gagal diet yang sering disepelekan. Mulai saat ini, sebaiknya rutin lakukan gaya hidup sehat dan hindari penyebab-penyebab gagal diet yang telah disebutkan di atas, agar usaha diet Anda membuahkan hasil dan tidak sia-sia. (Ryandita Fadillah/Rom)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.