Cara Meraih Rangking Satu di Kelas

  • Share
Bagi sebagian besar siswa, menjadi peringkat 1 di kelas adalah hal yang sulit untuk dicapai. Dibutuhkan lebih banyak usaha untuk berada di peringkat pertama. Memang untuk mencapai sesuatu yang ingin dicapai membutuhkan usaha yang menggunakan cara-cara yang efektif, termasuk dalam upaya untuk menjadi peringkat 1 di kelas. Ingin dapat rangking 1 begini cara belajarnya:
Pelajar SLTA (Foto : Ed US/Unsplash)

TIPS | BD Bagi sebagian besar siswa, menjadi peringkat 1 di kelas adalah hal yang sulit untuk dicapai. Dibutuhkan lebih banyak usaha untuk berada di peringkat pertama. Memang untuk mencapai sesuatu yang ingin dicapai membutuhkan usaha yang menggunakan cara-cara yang efektif, termasuk dalam upaya untuk menjadi peringkat 1 di kelas. Ingin dapat rangking 1 begini cara belajarnya:

Bagaimana Cara Agar Dapat Rangking 1?

1. Datang Tepat Waktu

Datanglah ke sekolah tepat waktu agar tidak membuatmu terlihat buruk di mata guru. Selain itu, jika Anda datang terlambat ke sekolah, Anda akan kehilangan banyak waktu untuk belajar. Biasanya siswa yang terlambat dihukum terlebih dahulu, sehingga bolos jam pelajaran.

2. Pilih Posisi Duduk Depan

Pernah mendengar ungkapan posisi menentukan hasil? Anda bisa menerapkannya dalam menentukan posisi duduk. Memilih posisi duduk di depan akan memberi Anda banyak keuntungan.

Anda dapat melihat tulisan di papan tulis dengan jelas dan mendengarkan dengan seksama penjelasan guru tentang materi tersebut. Tidak perlu takut disuruh mengerjakan tugas di papan tulis karena biasanya guru menyuruh siswa yang duduk paling belakang dan selalu ribut untuk maju dan mengerjakan soal.

3. Rajin Perhatikan Materi

Ingin dapat rangking 1 begini cara belajranya, meskipun materi sudah ada di buku, Anda tetap perlu memperhatikan penjelasan guru. Hal ini dilakukan karena Anda mungkin lupa atau penjelasan dalam buku berbeda dengan yang dijelaskan oleh guru.

Mencatat juga akan membantu Anda untuk lebih mudah mengingat apa yang sudah Anda pelajari. Catatan yang Anda buat cukup untuk menuliskan poin-poin penting yang dibutuhkan.

4. Aktif Berkontribusi di Kelas

Siswa yang aktif di kelas akan lebih disukai oleh guru daripada siswa yang pasif. Kegiatan ini dapat dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung seperti sering bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan. Jangan malu atau takut untuk bertanya, menjawab pertanyaan, atau mengungkapkan pendapat.

5. Selalu Berbuat Baik

Kepribadian baik Anda di lingkungan sekitar juga perlu ditanamkan. Bersikap baiklah kepada teman sekelas Anda di sekolah. Sikap atau perilaku yang baik ini akan disukai banyak orang.

Perilaku baik yang Anda tanamkan dapat mempermudah ketika Anda mengalami kesulitan seperti tidak tahu cara mengerjakan soal atau tidak memahami pelajaran, mereka dengan senang hati membantu.

6. Meninjau Pelajaran

Ingin dapat rangking 1 begini cara belajarnya, melupakan materi pelajaran biasanya menjadi masalah utama bagi siswa. Jangan khawatir, Anda bisa melakukan review ulang atau semacam review terhadap materi yang sudah dipelajari setiap hari.

Nah, ketika Anda meninjaunya, Anda dapat memanfaatkan catatan yang sudah Anda buat! Melakukan review materi secara berkesinambungan dapat memudahkan Anda untuk mengingat sebagian besar materi yang sudah dipelajari.

7. Mengumpulkan Tugas Tepat Waktu

Guru menyukai siswa yang disiplin dan selalu mengerjakan pekerjaan rumahnya. Anda harus selalu mengerjakan pekerjaan rumah dan tugas yang diberikan oleh guru dan menyerahkannya tepat waktu.

Latih diri Anda untuk tidak menunda-nunda karena dengan menunda-nunda hanya akan menambah pekerjaan. Selain itu, tinggalkan kebiasaan buruk mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah karena hasil yang akan Anda dapatkan juga tidak akan memuaskan.

8. Manfaatkan Teknologi dengan Baik

Penggunaan teknologi saat ini sudah sangat meluas ke berbagai kalangan, termasuk pelajar yang juga menggunakan internet untuk keperluan membaca atau mencari referensi. Anda dapat menggunakan teknologi ini dengan bijak untuk membuka kunci hal-hal yang berguna.

Anda dapat menggunakan teknologi ini untuk mencari berbagai materi pelajaran yang dapat diakses dengan mudah dan praktis. Jadi, tidak ada alasan bagi Anda untuk kekurangan bahan bacaan atau referensi. (Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.