Cara Merawat Earphone Agar Tak Mudah Rusak

  • Share
Earphone menjadi aksesoris gadget yang cukup penting di era digital ini. Benda mungil ini perlu perawatan khusus agar tidak mudah rusak.
Ilustrasi Earphone (Foto : Akhil Yerabati?Unsplash.com)

TIPS | BDEarphone menjadi aksesoris gadget yang cukup penting di era digital ini. Benda mungil ini perlu perawatan khusus agar tidak mudah rusak.

Tidak sedikit pengguna gadget yang kerap harus gonta-ganti earphone karena tidak merawatnya dengan baik. Berikut beberapa tips agar alat bantu pendengaran itu menjadi awet.

Hindari Menyimpan Earphone dengan Kabel yang Semrawut

Biasanya setelah menggunakan earphone, orang cenderung meletakannya dengan asal dan langsung menyimpan earphone tanpa menggulung kabelnya dengan benar. Padahal, kabel earphone yang sering kusut, menjadi salah satu penyebab earphone cepat rusak.

Sebaiknya, mulai dari sekarang biasakan untuk menggulung kabel earphone setelah selesai menggunakannya. Caranya menggulung kabelnya juga sangat mudah, yakni dengan cara digulung ke tiga jari tangan, lalu gulung secara memutar.

Cabut Earphone Secara Perlahan

Earphone yang telah selesai digunakan, sebaiknya dicabut dengan benar dan perlahan agar kabel earphone tidak cepat rusak. Cara melepas earphone yang benar, hindari menarik kabel earphonenya, melainkan tarik bagian steker earphone agar kabel tidak cepat putus. Selain itu, lepas earphone dengan menarik lurus secara perlahan, dan hindari melepas earphone dengan cara digoyang sebab dapat merusak steker dan port jack earphone.

Simpan di Tempat Khusus

Hindari menyimpan earphone di sembarang tempat, karena masih banyak orang yang meletakkan earphone dengan menyimpannya dengan sembarangan di saku maupun tas mereka. Sebaiknya, simpan earphone di tempat khusus tanpa terhimpit dengan benda atau barang lainnya. Akan lebih baik jika memakai tempat khusus untuk menyimpan earphone sebelum dimasukkan ke dalam tas atau saku.

Hal ini dilakukan untuk menghindari kabel earphone menjadi kusut atau tersangkut dengan barang lainnya yang ada di dalam tas.

Sesuaikan Volume Earphone

Menggunakan earphone dengan volume yang terlalu keras juga ternyata dapat menyebabkan earphone menjadi cepat rusak. Faktanya, mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume yang keras dapat merusak speaker dan sistem internal pada earphone. Selain merusak earphone, juga dapat merusak gendang telinga. Jadi, mulai sekarang sebaiknya kurangi mendengarkan musik yang terlalu keras agar kualitas audio pada earphone tidak menurun.

Jangan Abaikan Kebersihan Earphone

Menjaga kebersihan earphone tentu tidak boleh dilupakan, karena earphone yang tahan lama juga harus dijaga kebersihannya secara rutin. Membersihkan earphone cukup dengan alkohol saja untuk membersihkan bagian-bagian earphone yang terkena noda.

Cukup tuang alkohol pada kapas atau kain, atau gunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran pada earphone yang mengendap.

Semoga tips sederhana merawat earphone si benda mungil tersebut bermanfaat ya! Selamat mencoba. (TD/Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.