Lari Pagi, Manfaatnya untuk Kesehatan

  • Share
Siapa bilang memulai hari dengan olahraga itu melelahkan? Pagi hari yang udaranya masih sejuk merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga, apalagi jika ingin melakukan olahraga outdoor seperti jogging. Apa saja manfaat lari pagi untuk kesehatan?
Manfaat lari pagi (Foto : Jenny Hill/Unsplash)

KESEHATAN | BD Siapa bilang memulai hari dengan olahraga itu melelahkan? Pagi hari yang udaranya masih sejuk merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga, apalagi jika ingin melakukan olahraga outdoor seperti jogging. Apa saja manfaat lari pagi untuk kesehatan?

Lari pagi lebih sering dilakukan di pagi hari. Anda bisa melakukan aktivitas ini sambil menikmati sejuknya udara pagi di sekitar rumah. Selain menyenangkan, tentunya lari pagi juga merupakan olahraga yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat lari pagi untuk kesehatan yang mungkin belum Anda sadari.

Suasana Lebih Nyaman

Manfaat lari pagi yang pertama adalah Anda bisa merasakan suasana yang lebih nyaman saat berolahraga. Jumlah polusi pada pagi hari tentunya jauh lebih sedikit dibandingkan pada sore hingga malam hari. Bahaya terik matahari juga bisa Anda hindari jika memilih berolahraga di pagi hari.

Pilih ruang terbuka hijau di sekitar lingkungan Anda untuk jogging pagi sambil menikmati suasana pagi yang menyenangkan dan menenangkan. Joging pagi bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang menyukai olahraga outdoor.

Kontrol Gula Darah

Aktivitas fisik penting untuk mengontrol gula darah. Penderita diabetes tipe 1 memiliki tantangan tersendiri dalam berolahraga, karena aktivitas fisik berpotensi menyebabkan hipoglikemia atau kadar gula darah rendah.

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari menurunkan risiko hipoglikemia pada penderita diabetes tipe 1 dibandingkan dengan mereka yang berolahraga di sore hari. Oleh karena itu, lari pagi bisa menjadi olahraga pilihan bagi penderita diabetes. Penderita mungkin juga ingin memeriksa kadar gula darahnya sebelum dan sesudah berolahraga untuk memastikan kadar gula darahnya aman.

Menurunkan Kolesterol

Aktivitas fisik seperti jogging juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Aktivitas fisik yang teratur juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik dalam darah.

Disarankan untuk berolahraga selama 30 menit 5 kali seminggu untuk dapat menjaga kadar kolesterol tubuh. Berlari di pagi hari bisa menjadi pilihan olahraga yang menyenangkan yang dapat membantu Anda mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat lari pagi yang satu ini tentu diidam-idamkan banyak orang. Olahraga di pagi hari seperti jogging sangat baik bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa pembakaran lemak selama 24 jam paling efektif ketika seseorang berolahraga di pagi hari sebelum sarapan.

Jumlah lemak yang terbakar bervariasi tergantung pada intensitas lari Anda. Jika Anda ingin mengoptimalkan pembakaran lemak, Anda dapat meningkatkan kecepatan lari Anda. Lakukan secara perlahan hingga tubuh terbiasa dengan rutinitas lari pagi.

Meningkatkan Kekuatan Kaki

Berlari dapat membantu Anda meningkatkan kekuatan kaki dan mendapatkan bentuk tubuh yang lebih baik. Berlari dapat memperkuat dan mengencangkan betis, paha belakang, paha depan, otot paha bagian dalam, dan glutes Anda. Berlari di pagi hari juga dapat membantu memperkuat inti atau bagian tengah tubuh Anda.

Berlari melibatkan otot inti Anda, jadi gerakan ini juga dapat membantu menstabilkan pinggul Anda. Jika inti tubuh kuat, maka akan mempengaruhi keseimbangan, stabilitas, dan stamina tubuh secara keseluruhan.

Menurunkan Tekanan Darah

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang paling umum di dunia. Pada dasarnya kondisi ini dapat diatasi dan dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, salah satunya dengan berolahraga secara teratur.

Olahraga secara umum dapat membantu mengelola hipertensi, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa olahraga di pagi hari menyebabkan penurunan tekanan darah yang lebih signifikan.

Satu penelitian melibatkan 20 orang dewasa pra-hipertensi yang melakukan latihan treadmill pada pukul 7 pagi, 1 siang, dan 7 malam. Para peneliti menemukan bahwa perubahan tekanan darah yang paling menguntungkan terjadi ketika partisipan melakukan olahraga pada pukul 7 pagi.

Itulah beberapa manfaat lari pagi untuk kesehatan, semoga artikel ini bermanfaat. (Red)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.